Indo-History Bab 5 Flashcards

1
Q

Jelaskan mengapa para pemuda melakukan penculikan atau pengamanan terhadap Sukarno dan Moh. Hatta!

A

Para pemuda Indonesia mendengar kabar bahwa Jepang menyerah kepada Sekutu. Karena hal itu, Indonesia berarti sedang kosong kekuasaan. Menurut para pemuda, memproklamasikan kemerdekaan pada saat itu adalah kesempataan yang paling tepat. Tetapi, Sukarno dan Moh Hatta sebagai pemimpin yang bijak tidak setuju/bersedia, dan harus mengkonfirmasikan hal tersebut dulu. Jadi para pemuda mengambil alternatif untuk mendesak mereka dengan cara mengamankan Sukarno dan Moh Hatta.

How well did you know this?
1
Not at all
2
3
4
5
Perfectly
2
Q

Ceritakan secara singkat bagaimana kronologi peristiwa Rengasdengklok, sampai akhirnya terjadi penyusunan teks proklamasi?

A

Para pemuda sepakat untuk menculik/mengamankan Sukarno dan Moh Hatta. Rencana ini dipimpin oleh Shodanco Singgih dan ia berhasil membujuk kedua tokoh ini untuk pergi keluar kota untuk kesediaan kepentingan. Golongan tua akhirnya menyadari bahwa Sukarno dan Hatta tidak ada di Jakarta, jadi mereka meminta golongan muda untuk mengantarkan kedua tokoh tersebut untuk dikembalikkan dan dijanjikan proklamasi kemerdekaan akan dilakukan segera. Satu hari di Rangasdengklok gagal membujuk Sukarno untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, tetapi, ia berjanji akan jika sudah kembali ke Jakarta. Di Jakarta, tepatnya di ruang makan Maeda, dirumuskan lah naskah Proklamasi kemerdekaan Indonesia.

How well did you know this?
1
Not at all
2
3
4
5
Perfectly
3
Q

Ketika dipaksa para pemuda untuk menuju Rengasdengklok, Sukarno dan Moh. Hatta tidak menolaknya. Padahal beliau sebagai tokoh utama PPKI memiliki kekuatan dan kewibawaan. Mengapa hal itu bisa terjadi, apa makna yang ada di balik itu semua?

A

Karena sebenarnya Sukarno dan Moh Hatta setuju dengan para pemuda untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Tetapi karena ancaman Jepang dan janji akan kemerdekaan membuat nya takut untuk memproklamasikan.

How well did you know this?
1
Not at all
2
3
4
5
Perfectly
4
Q

Jelaskan secara singkat bagaimana latar belakang, proses, dan dampak terjadinya pertempuran Surabaya!

A

Kejadian pertempuran Surabaya dilatar belakangi oleh kedatangan pasukan Sekutu yang dipimpin oleh Mallaby. Mereka awalnya hanya bertujuan untuk mengankan tahanan dan menciptkan ketertiban setelah penjajahan Jepang. Tetapi, tujuan tersebut menyimpang setelah beberapa lama, para sekutu mulai berusaha merebut daerah daerah penting di Surabaya. Maka ini menimbulkan perlawanan dari masyarakat Surabaya. Ada juga karena pasukan sekutu mengeluarkan senjata ultimatum yang menambah kerugian rakyat Indonesia. Maka pertempuran terjadi. Pertempuran ini dipimpin oleh Bung Tomo, dan Surabaya berhasil dipertahankan selama 3 minggu. Dampak kejadian ini adalah kerugian ekonomi dan gugurnya para pejuang. Untuk mengenang para pejuang yang gugur dan terlibat dalam kejadian itu, 10 November dijadikan hari pahlawan nasional.

How well did you know this?
1
Not at all
2
3
4
5
Perfectly
5
Q

Setelah proklamasi kemerdekaan, langkah pertama bangsa Indonesia adalah melengkapi struktur pemerintahan. Jelaskan langkah-langkah yang dilakukan bangsa Indonesia dalam melengkapi struktur pemerintahan tersebut!

A
  • Memilih presiden dan wakil presiden (ir sukarno dan hatta)
  • Pancasila dijadikan dasar negara dan landasan kuhum konstitusional Indonesia
  • Membentuk badan badan penting dengan tujuan spesifik tersendiri untuk menjaga keutuhan, kemanan, ketertiban, dan kesejahteraan negara.
How well did you know this?
1
Not at all
2
3
4
5
Perfectly
6
Q

Pada masa awal kemerdekaan, sistem kabinet apa yang berlaku di Indonesia? Jelaskan alasan kamu!

A

Sistem kabinet presidensiil. Karena presiden bertanggung jawab atas tugas eksekutif nya kepada parlemen, bertugas sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara, presiden dan parlemen tidak dapat saling manjatuhkan.

How well did you know this?
1
Not at all
2
3
4
5
Perfectly
7
Q

Pada masa awal kemerdekaan Indonesia belum memiliki anggota legislatif yang dipilih oleh rakyat. Siapa yang melakukan kegiatan legislatif pada masa awal kemerdekaan? Jelaskan peranannya!

A

KNIP. Komite Nasional Indonesia Pusat. Memiliki kewenangan legislatif, membantu presiden dan wakil presiden dalam tugas nya, membuat undang undang yang menjadi dasar aturan negara.

How well did you know this?
1
Not at all
2
3
4
5
Perfectly