Dissociative disorder - Somatic symptom Flashcards

1
Q

A. Gangguan identitas yang ditandai oleh dua atau lebih berbeda kepribadian, yang dapat dideskripsikan dalam beberapa budaya sebagai pengalaman kesurupan. Gangguan identitas melibatkan diskontinuitas dalam perasaan diri dan disertai dengan perubahan terkait perilaku, kesadaran,memori, persepsi, kognisi, dan/fungsi motor sensorik. Tanda dan gejala ini dapat
diamati oleh orang lain atau dilaporkan oleh individu.
b. Kesenjangan yang berulang dalam mengingat kejadian sehari-hari, informasi pribadi yang penting, dan/ kejadian traumatis yang tidak konsisten dengan lupa yang terbiasa.

A

Dissociative Identity Disorder

How well did you know this?
1
Not at all
2
3
4
5
Perfectly
2
Q

A. Ketidakmampuan untuk mengingat informasi autobiografi yang penting, biasanya bersifat traumatis atau penuh tekanan.
B. Gejala-gejala tersebut menyebabkan distress atau gangguan signifikan secara sosial dalam bidang sosial, pekerjaan, atau bidang fungsi penting lainnya.

A

Dissociative Amnesia

How well did you know this?
1
Not at all
2
3
4
5
Perfectly
3
Q

A. Adanya pengalaman depersonalisasi yang berulang, derealization, atau keduanya: (1) Depersonalisasi: Pengalaman yang tidak nyata, pemisahan, atau menjadi pengamat dari luar berhubungan dengan pikiran, perasaan, sensasi, tubuh, atau tindakan seseorang dan (2) Derealization: ketidaknyataan pengalaman atau terpisah dengan sekitar
B. Selama pengalaman depersonalisasi atau derealization pengujian realitas tetap utuh.
C. Gejala-gejala tersebut menyebabkan tekanan klinis yang signifikan atau gangguan fungsi sosial, pekerjaan, atau fungsi penting lainnya.

A

Depersonalization / Derealization Disorder

How well did you know this?
1
Not at all
2
3
4
5
Perfectly
4
Q

Khusus digunakan dalam situasi dimana dokter memilih untuk mengkomunikasikan alasan spesifik bahwa presentasi tidak memenuhi kriteria untuk gangguan disosiatif tertentu.

A

Other Specified Dissociative Disorder

How well did you know this?
1
Not at all
2
3
4
5
Perfectly
5
Q

A. Satu atau lebih gejala somatik yang mengakibatkan gangguan signifikan dalam kehidupan sehari-hari.
B. Pikiran, perasaan, atau perilaku yang berlebihan terkait dengan gejala somatik atau kesehatan yang berhubungan dengan rasa kekhawatiran, dimanifestasikan oleh setidaknya salah satu dari berikut ini: (1) Pikiran yang tidak proporsional dan terus-menerus tentang keseriusan gejala seseorang, (2) Tingkat kecemasan yang terus-menerus tinggi tentang kesehatan atau gejala dan (3) Waktu dan energi yang berlebihan dicurahkan untuk gejala atau masalah
kesehatan tersebut.
C. Meskipun salah satu gejala somatik mungkin tidak terus menerus ada, keadaan gejalanya persisten (biasanya lebih dari 6 bulan).

A

Somatic Symptom Disorder

How well did you know this?
1
Not at all
2
3
4
5
Perfectly